Pemberdayaan Kaum Muda Perempuan melalui Program Mentoring Tech Muda
KERJASAMA ANTARA YAYASAN PLAN INTERNASIONAL INDONESIA DAN DAMPAK SOSIAL INDONESIA 

Profil Perempuan Indonesia Pada tahun 2019, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan Badan Pusat Statistik (BPS) mempublikasikan buku Profil Perempuan Indonesia (PPI). Buku PPI tersebut berisikan kumpulan data statistik dan analisis mengenai kondisi pendidikan, kesehatan, ekonomi, teknologi dan informasi, hingga faktor-faktor yang menyebabkan perempuan mengalami ketimpangan pembangunan di Indonesia.  Ditinjau dari segi ekonomi,…

Details

Pentingnya Menganalisis Kebutuhan untuk Program Pemberdayaan Masyarakat yang Tepat Sasaran

Praktik CSR memiliki ikatan yang erat dengan program-program pemberdayaan masyarakat. Sebab, tanggung jawab sosial merupakan upaya yang dilakukan perusahaan agar mampu menjadi warga negara (corporate citizen) yang baik. Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu perwujudan sikap tanggung jawab tersebut, di mana perusahaan tidak hanya mementingkan seberapa banyak laba yang diperoleh, melainkan juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat yang…

Details

3 Tips Optimalisasi CSR Pasca Pandemi

Sejak tanggal 14 September 2020, PSBB kembali diberlakukan di DKI Jakarta. Pasalnya, kebijakan new normal yang sebelumnya telah dijalankan tidak memperbaiki kondisi pandemi Covid-19. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa terdapat kenaikan 48% kasus di 10 hari pertama di bulan September. Keadaan yang cukup mengkhawatirkan ini memaksa DKI Jakarta untuk memberlakukan PSBB, bahkan diklaim…

Details

10 Kesalahan Umum yang Terjadi dalam Praktik CSR

Sejak ditetapkannya Pasal 1 Angka 3 UU Nomor 40 Tahun 2007, kesadaran perusahaan-perusahaan di Indonesia akan urgensi pelaksanaan CSR meningkat. Pasal tersebut mewajibkan setiap Perseroan Terbatas untuk melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). TJSL adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi…

Details

4 Langkah Pengembangan Praktek Terpadu CSR

Banyak perusahaan yang melakukan praktek tanggung jawab terhadap sosial dan lingkungan dengan cara yang sesuai tujuan, sederhana dan bernilai kontribusi yang selaras dengan keberadaan perusahaan di masyarakat. Praktek tanggung jawab perusahaan terhadap sosial dan lingkungan umumnya diistilahkan sebagai corporate social responsibility (CSR). V Kasturi Rangan et. al menyebutkan bahwa dalam implementasi CSR tidak jarang terjadi…

Details

The Walt Disney Company Social Responsibility

Pada tanggal 5 September 2020, Disney Plus Hotstar mulai memasarkan layanannya di Indonesia. Disney plus hotstar sendiri adalah layanan streaming berbayar seperti halnya Netflix. Dengan perilisan layanan ini, Disney diharapkan dapat ikut mengambil market layanan streaming berbayar di Indonesia. Dibalik kesuksesannya, Disney adalah perusahaan yang cukup mementingkan peran dari social responsibility dalam kegiatan bisnisnya. Social…

Details

3 Tips Mengukur Dampak CSR

Inisiatif berbagai perusahaaan dalam menciptakan perubahan baik bagi sosial dan lingkungan dapat dilakukan melalui corporate social responsibility (CSR). Berbagai manfaat dapat dirasakan perusahaan dalam mengelola CSR, seperti relasi terhadap publik akan menjadi lebih baik, meningkatkan kepercayaan pelanggan dan masuarakat, menjadikan perusahaan berbeda dengan pesaingnya dan dampak positif di sosial dan lingkungan. Program CSR dapat berbentuk…

Details

Prioritas Pengembangan CSR dalam Perusahaan Startup

Corporate Social Responsibilty (CSR) adalah suatu hal yang cukup penting untuk perusahaan dalam menjalankan kegiatannya. Selain sebagai bentuk rasa peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar yang menjadi permasalahan setelah perusahaan menjalankan kegiatannya, CSR juga berfungsi untuk menaikkan citra perusahaan. CSR yang baik akan memberikan goodwill bagi perusahaan, sebuah nilai dari intangible asset yang keberadaannya dapat…

Details

6 Pilihan Program CSR bagi Organisasi dan Perusahaan

Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) bukan lagi sebuah konsep yang baru bagi organisasi atau perusahaan. CSR sudah dianggap sebagai bagian program pembangunan berkelanjutan pada awal 1990-an yang diinisiasi oleh seorang industrialis Swiss sebelum penyelenggaraan Earth Summit oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (Visser, 2010). Konsep CSR terus mengalami perkembangan dan menjadi etika bisnis, baik pada organisasi maupun perusahaan.…

Details

Peningkatan Pemahaman CSR Melalui Pelatihan

Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) tidak lagi terdengar asing di telinga berbagai organisasi dan perusahaan. Sebagaimana diketahui bahwa konsep CSR diyakini mampu mengintegrasikan operasi bisnis dan manfaat yang diberikan organisasi atau perusahaan kepada sosial dan lingkungan. Selain itu, aktivitas CSR yang dijalankan sesuai dengan values atau visi-misi yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan dan aktivitas…

Details